Tips Merawat Cat Motor Agar Awet

By Unknown  |  10.46

Ilustrasi Motor Klasik
Ketika kita mempunyai kendaraan kesayangan, dengan senantiasa kita akan menjaga dan merawat kendaraan tersebut dengan sebaik-baiknya, bukan hanya dalam hal mesin, tetapi juga dalam hal perawatan eksterior motor tersebut, sebab eksterior menjadi bagian pertama yang dilihat oleh sebagian besar orang. Nggak mau kan kalau mesin oke, tetapi kondisi eksterior telihat kusam ?

Kondisi eksterior bisa jadi sebagai tolak ukur seberapa kita merawat kendaraan kesayangan kita, motor yang terlihat kotor dan kusam mencitrakan diri kita yang kurang bisa merawat motor, walaupun dari segi teknik, kinerja mesinnya masih mumpuni untuk melibas medan-medan yang berat sekalipun.
Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda merawat kondisi cat motor Anda agar bisa awet dan selalu kinclong, sehingga terlihat oke di setiap saat ;

1. Pencucian
Jika Anda sering mencuci kendaraan Anda dengan menggunakan sabun colek atau deterjen, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut, sebab kedua benda itu mempunyai sifat yang keras sehingga mudah merusak kualitas cat motor Anda. Lakukan pencucian hanya dengan shampoo khusus untuk kendaraan bermotor untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Pengeringan
Pengeringan juga harus Anda perhatikan, sebab jika masih ada bercak air yang masih tertinggal nantinya akan berpotensi menimbulkan noda atau jamur yang sulit dihilangkan. Sebaiknya lakukan pengeringan secara teliti dengan memperhatikan celah-celah body motor Anda. Gunakan kain halus atau kanebo agar tidak menggores bagian cat motor Anda.

3. Hindari Sinar Matahari
Tidak hanya manusia saja, motor pun hendaknya menghindari sinar matahari agar kualitas cat tidak menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan memparkirkan ditempat yang teduh atau dengan menggunakan sarung motor yang sudah banyak dijual dipasaran.

4. Minimalisir Penggunaan Zat Kimia
Anda sebaiknya meminimalisir penggunaan zat kimia atau semacam cairan khusus pengkilap cat body motor Anda. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

5. Hindari Air Hujan
Dengan tingkat keasaman yang sangat tinggi, air hujan dapat merusak warna bodi motor anda menjadi kusam. Bahkan lebih parahnya lagi, bagian body motor yang terbuat dari logam dapat termakan korosi. Apabila terlanjur terkena air hujan, segera cuci kendaraan anda dengan menggunakan air bersih.

6. Kurangi penggunaan Stiker
Ketika stiker dicabut atau terlepas, hal itu memicu lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas yang bisa membuat bekas pada body motor Anda. Sebaiknya kurangi penggunaan stiker untuk kendaraan Anda untuk menjaga kondisi cat body motor Anda.

Beberapa tips diatas dapat membuat cat motor Anda kinclong lebih lama, lakukan tips diatas secara rutin untuk menjaga dan merawat kualitas cat motor Anda.
Sekian tips singkat dari Motonesia, jika berkenan silahkan meninggalkan komentar dibawah.

Author: Unknown

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2014 Motonesia | Distributed By My Blogger Themes | Created By BloggerTheme9
TOP